Diposkan pada Lokal, Penerbit Inari, Review

[REVIEW] Stilettale – LM Cendana

PicsArt_09-19-09.49.26-01Judul: Stilettale

Penulis: LM Cendana

Penerbit: Inari

Terbit: Agustus 2017

Tebal: 384 halaman

ISBN: 978-602-6682-02-4

Dilara Niranjana, seorang desainer papan atas Indonesia sekaligus pemilik rumah mode Stilettale, adalah orang yang sangat angkuh dan perfeksionis. Semua harus mengikuti standarnya, tak ayal banyak pegawainya yang tidak menyukai darinya karena kesemena-menaannya. Salah satu pegawai yang kena ‘sial’ ini adalah Binar, gagal menjadi desainer, ia malah menjadi asisten seorang Dilara Niranjana yang ia sebut dengan Mak Lampir.

Bukan tanpa alasan, Dilara menjadi sekeras sekarang karena ia memiliki masa lalu yang buruk. Ia sering menjadi cemoohan dan bahan perundungan oleh teman-temannya. Hal terseut menjadi pecutan bagi Dilara, ia berusaha sangat keras untuk mengubah diri dan jalan hidupnya, sampai orang mengenalnya sebagai Dilara Niranjana.

Di sisi lain ada Erlangga, seorang pengusaha real-estate yang sedang getol ingin mendapatkan tanah keluarga Dilara untuk dijadikannya perumahan elite yang telah lama ia impikan. Sama dengan Dilara, Erlangga memiliki kisah masa lalu yang pahit, membuat pria ini skeptis terhadap eksistensi cinta.

Selain tokoh-tokoh di atas, adapula eyang Widya, nenek Dilara yang sedang sakit-sakitan dan terus-terusan memberondong Dilara agar menikah. Kemudian ada Ares, yang misterius dan sangat bertolak belakang dengan Erlangga yang cenderung berapi-api.

Karier Dilara tak selamanya mulus, suatu ketika rumah modenya diguncang skandal hebat. Untuk meredam gosip ini, Dilara meminta Erlangga untuk menikahinya, juga untuk menyenangkan eyang Widya. Dilara menawarkan perjanjian ekslusif agar Erlangga bersedia menerima usulnya.

Bisa dikatakan tema yang diambil dalam novel Stilettale ini sudah umum, tentang kawin kontrak yang dinilai saling menguntungkan kedua belah pihak. Dalam novel ini, Dilara dapat menyenangkan eyang Widya dan juga meredam isu buruk yang melanda rumah modenya. Sedangkan Erlangga mendapatkan tanah keluarga Dikara untuk proyek perumahan elite-nya.

Namun meski umum, kisah ini diramu dengan sangat cantik oleh penulis. Gaya bercerita dan diksi penulis membuat cerita ini begitu mengalir dan nyaman untuk dibaca, sama sekali tidak membosankan. Tak hanya itu, banyak sekali kutipan-kutipan menarik dan inspiratif yang membuat buku saya dipenuhi sticky note. Berikut beberapa di antaranya:

PicsArt_09-19-10.03.21_20170920150948651

PicsArt_09-19-10.03.21_20170922180837482

PicsArt_09-19-10.03.21_20170924084541184

Diceritakan melalui sudut pandang ketiga, novel ini menjadi sangat mudah dicerna karena tindak-tanduk masing-masing tokoh menjadi lebih mudah dipahami. Sangat suka dengan cara penulis menguak sedikit-demi sedikit fakta, sehingga pembaca dibuat menebak-nebak apa yang sebenarnya terjadi.

Tokoh-tokoh dalam cerita, baik utama maupun pendamping masing-masing memiliki karakter yang kuat dan unik, sehingga mudah dibedakan satu dengan yang lainnya. Dari awal hingga akhir, penggambaran karakter tokoh sangat konsisten, namun karena hal inilah saya malah sulit membaca chemistry antara Dilara-Erlangga. Keduanya sama-sama terpengaruh oleh masa lalu yang buruk hingga menjadi pribadi yang skeptis akan cinta, dan egois karena hanya memikirkan diri sendiri.

Mengesampingkan romansa Dilara, saya suka sekali dengan keseluruhan cerita. Bagaimana proses Dilara menjadi sosok yang sekarang, dan jatuh-bangunnya bisnis mode yang digawanginya, semuanya ciamik dan sangat menginspirasi. Sangat direkomendasikan bagi siapa saja, terutama kaum perempuan.

Satu tanggapan untuk “[REVIEW] Stilettale – LM Cendana

Type Your Coment Here^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s