Diposkan pada Grasindo, Lokal, Review

[REVIEW] Cool Boy – Ainun Nufus

Judul: Cool Boy
Penulis: Ainun Nufus
Penerbit: Grasindo
Tahun Terbit: 2017
Tebal: 208 halaman
ISBN: 978-602-45-2342-8

Blurb:

Hanya karena satu kecerobohan, Fianne harus rela menjadi kekasih Arhoz Aldebaran dan kehilangan kesempatan jadian dengan Revo–si bintang sekolah. Ketampanan dan ketenaran Arhoz tidak membuat Fianne bahagia menjadi kekasih sang ketua OSIS yang dingin itu, sebab baginya rasa suka tidak bisa dipaksakan.

Impian Fianne adalah memiliki kekasih romantis, bisa bermain musik, seperti Revo. Bukan cowok super dingin dan tidak peka seperti Arhoz. Namun, dia terlanjur menjadi kekasih Arhoz dan semua murid di sekolahnya tahu. Kesempatan bersama Revo pun kandas.

Mampukah keterpaksaan berubah jadi kebiasaan dan berakhir jatuh cinta? Apakah Arhoz mencintai Fianne sehingga memaksanya menjadi kekasih? Atau, karena ada hal lain yang hanya Arhoz yang tahu?

—————————————-

Salah “tembak” membuat Fianne mau tak mau jadi pacar Arhoz, ketua osis yang super dingin dan irit bicara. Mimpinya untuk memiliki pacar romantis yang jago bermusik pun kandas.

Cool Boy diramu dengan alur campuran, dan ditulis melalui sudut pandang orang ketiga serba tahu. Gaya bahasanya pun sangat santai, mengalir dan enak diikuti khas Ainun Nufus. Tiap bab dibuka dengan satu kutipan manis, tapi terkadang aku terganggu dengan “puisi nyasar” atau paragraf yang quoteable dengan diksi puitis yang menurutku tidak pada tempatnya.

Bergeser ke karakter, penulis membangun tiap karakternya berbeda-beda dan memiliki keunikan masing-masing. Melalui karakter inilah penulis membangun konfliknya. Fianne dengan sifatnya yang ceroboh dan gemar menyimpulkan sendiri tanpa mencari tahu kebenaran menjadi sumber masalah utama. Ditambah, Arhoz yang begitu irit bicara membuat semuanya semakin runyam.

Novel ini mengajarkan bahwa tidaklah baik saling menyimpan rahasia kepada orang-orang terdekat. Selain setiap orang akan menginterpretasikan masalah dengan caranya masing-masing, hal ini akan membuat keran kepercayaan berhenti mengalir. Tidak baik pula gampang menyimpulkan atau menghakimi sesuatu seperti yang dilakukan Fianne karena dapat berakibat fatal dan menyakiti diri sendiri juga orang lain.

Cool Boy adalah bacaan ringan yang dapat selesai hanya dalam sekali duduk. Karenanya, sangat direkomendasikan untuk siapa saja yang sedang suntuk dan membutuhkan hiburan, terutama penggemar fiksi remaja. Oh, aku suka banget tipikal ending seperti dalam novel ini!

Type Your Coment Here^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s