Diposkan pada GagasMedia, Lokal, Review

[REVIEW] Amour Vrai – Naomi Octa

IMG20180415170432-01Judul: Amour Vrai
Penulis: Naomi Octa
Penerbit: Gagasmedia
Tahun terbit: 2018
Tebal: vi + 174 halaman
ISBN: 978-979-790-913-3

Blurb:

“Kebahagiaan adalah pilihan, tapi takdir cinta tak bisa ditebak.”

Siapa yang tidak ingin kebahagiaan menghampiri dirinya? Hal itu juga yang diinginkan Erina. Dia ingin sebahagia saudari kembarnya, Erica, yang memiliki tunanagan yang baik dan tampan.

Rasa iri dan cemburu membuat Erina kehilangan kendali. Segal hal yang dia lakukan demi memperjuangkan cintanya. Dia pun pantas mendapatkan apa yanh didapat Erica.

¤¤¤

Ini kisah tentang dua bersaudara yang memperjuangkan kebahagiaan. Mendapatkan cinta dari seorang laki-laki. Serta, merebut perhatian dari kedua orangtua. Kepada siapakah kebahagiaan itu akan berlabuh?

***

Review:

Novel Amour Vrai dibuka dengan adegan yang menunjukkan betapa berbedanya perlakuan yang diterima oleh Erica dan Erina sebagai kembar bersaudara. Erica menjadi pihak yang selalu disalahkan sedangkan Erina menjadi yang hampir selalu dijaga perasaannya.

Erica, ternyata memiliki orang spesial yang bernama Agel yang bakal segera melamarnya. Hal ini membuat Erina terbakar rasa iri untuk melakukan hal-hal yang cukup ekstrem untuk membuat Agel lebih memilihnya dibanding saudari kembarnya.

Jahat? Ya. Tapi, selalu ada alasan di balik setiap tindakan, termasuk hal-hal yang biasa kita anggap “jahat”. Begitu pula dengan tindakan Erina berikut dengan limpahan kasih sayang yang berbdanding terbalik dengan yang diterima Erina.

Erina memanipulasi sakitnya demi membatalkan pertunangan Erica dengan Agel. Gadis itu menginginkan Agel untuk dirinya sendiri, tidak peduli bahwa bukan hanya perasaannya sendiri, ada perasaan Erica yang harus dijaga.

Namun, Agel menentang keras ide pertunangan dengan Erina. Ia mencintai Erica, dan hanya Erica yang bakal dipilihnya. Hingga tiba-tiba kecelakaan yang menimpa Erica terjadi.

Kecelakan itu menguak beberapa misteri yang dipendam dalam keluarga Erica-Erina. Juga alasan tersembunyi mengapa Erina begitu kejam, egois dan tidak berperasaan kepada adik kembarnya sendiri!

Agel kekeuh mempertahankan bahwa ia ingin menikahi Erica. Dan semesta seolah turut memberikan aroma kebahagiaan kepada Erica karena ibunya yang biasanya selalu timpang dalam unjuk kasih sayang, mulai menunjukkan kepedulian kepada Erica.

Ketika pernikahan Agel dan Erica dilangsungkan, Erina yang paling menentang pernikahan itu turut hadir. Namun, anehnya Erina menghilang setelah pernikahan berlangsung.

Tak cukup sampai di situ, kehidupan rumah tangga bahagia yang dibangun Agel dan Erina harus diuji karena masalah besar yang turut melibatkan Erina di dalamnya.

Masalah apakah itu? Sanggupkan Agel dan Erica mempertahankan cinta dan rumah tangga mereka? Apa yang sebenarnya terjadi dengan Erina?

Ini adalah kali pertama aku membaca karya penulis. Gayanya, kalau kubilang, lebih ke tell daripada show. Tentang apa pun, baik dari segi penokohan maupun konfliknya. Kak Naomi juga sepertinya tipikal penulis yng lebih senang memainkan dialog daripada narasi.

Alurnya sangat rapat. Konflik yang disajikan pun sangat rumit, bukan hanya tentang iri-cemburu antarsaudara, tetapi juga tentang mencintai dengan tulus. Hanya saja, aku menemukan beberapa plothole dan beberapa bagian dalam novel yang membutuhkan penjelasan lebih.

Melalui buku ini, penulis seolah ingin menyampaikan pesan bahwa apa pun yang terjadi, kasih sayang kepada anak harus dibagi rata. Selain itu, kita tidak bisa memandang segala hal hanya melalui satu sisi, tetapi juga dari sisi lain. Seperti tentang alasan kebencian Erina terhadap adik kembarnya sendiri, Erica.

Halamannya yang cukup tipis membuat novel ini bakal selesai dibaca dalam sekali duduk. Cocok buatmu yang mencari hiburan dan sekadar mencari bacaan untuk menghabiskan waktu.

Type Your Coment Here^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s