Diposkan pada GPU, Lokal, Review

[REVIEW] Falling Star – Christina Tirta

Processed with VSCO with j6 presetJudul: Falling Star
Penulis: Christina Tirta
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2017
Tebal: 248
ISBN: 978-602-03-7746-9

Blurb:

Pernah jatuh cinta pada seseorang yang luar biasa keren tapi selalu menganggapmu hanya sebagai adik manis yang lucu?

Begitulah nasib Anya selama bertahun-tahun. Gigit jari karena William Anthony yang notabene sohib kakaknya sendiri dan juga vokalis grup band Fallinh Star yang beken dan keren hanya menganggapnya sebagai adik sohibnya yang harus dijaga.

Tadinya Anya sudah mengubur cinta pertamanya yang terlanjur kandas di tengah jalan. Namun, kehadiran cowok misterius yang bernama Louis mengubah segalanya. Louis aka Lou muncul secara misterius ternyata bocah titisan “setan” yang dulu pernah membuat Anya keki setengah mati.

Ah, jadi, sebenarnya siapa sih yang diinginkan Anya, William atau Lou?

———————————–

Novel ini dibuka dengan pertemuan kembali Anya dengan bocah tengil yang zaman dulu suka mengganggunya dengan melempari Anya dan Kimi dengan batu kerikil. Masih menyimpan kekesalan, Anya langsung mengonfrontasi cowok itu, Louis alias Lou.

Namun, aura permusuhan itu lekas terkikis karena anak kucing yang dipungut Lou. Kebiasaan Anya yang suka lari pagi melewati rumah bugenvil Lou juga turut membuat mereka semakin dekat karena Lou kerap bergabung dengan Anya.

Di sisi lain, Anya masih naksir berat kepada Will, sohib kakaknya sekaligus vokalis band yang sedang ngehits. Popularitas Will di kalangan penggemar dan track record cowok itu sebagai player membuat Anya hanya bisa diam.

Bagaimana jika tiba-tiba Lou dan Will menyukai Anya? Siapa yang bakal Anya pilih, Lou yang telah membuat nyaman atau Will yang sudah ia suka sejak ia masih kanak-kanak?

Nah, mari kita geser ke tokoh-tokohnya. Pertama ada Anya, piatu yang sedang menggarap tugas akhir alias skripsi sekaligus maganger(?) di butik milik tantenya. Anya adalah pecinta kucing yang hobi lari pagi. Cewek ini juga naksir berat pada sohib kakaknya, Will.

Kemudian ada William atau Will, seorang pekerja kantoran pada siang hari dan vokalis band Falling Star saat malam hari. Ia terkenal playboy dan suka gonta-ganti pacar, tapi ternyata Will hanya memiliki satu orang yang betul-betul disayang.

Louise atau Lou, tetangga Anya yang dulu suka usil mengganggu Anya. Pindah ke Jakarta untuk sekolah dan kuliah, kemudian kembali lagi. Ternyata Lou memiliki rahasia, rahasia besar yang berhubungan dengan seseorang dari masa lalu Anya.

Allen, kakak Anya yang sedang setengah menganggur. Ia adalah pemegang bass di band yang telah dibentuk sejak zaman ia dan Will SMA. Begitu menyayangi dan merasa tanggung jawab besar kepada adiknya karena tidak ada lagi orangtua yang selalu berada di samping mereka.

Alexi, sepupu tiri sekaligus teman kuliah dan teman magang Anya. Ia begitu jutek dengan Anya tanpa Anya ketahui alasan jelasnya. Setelah tahu, ternyata alasan tersebut berhubungan dengan keluarga dan juga Allen.

Kimi, teman Anya sejak kecil. Tiba-tiba menghilang setelah insiden yang membuat Anya patah hati. Ada rahasia yang disimpan Kimi rapat-rapat dari Anya, rahasia ini menjadi cikal bakal konflik dalam novel ini.

Selain yang kusebutkan itu, ada beberapa tokoh pendamping lain yang turut menyemarakkan dan memberi warna dalam cerita.

The Falling Star adalah buku karya penulis yang kubaca dan ternyata aku cukup menikmatinya. Bahasanya enak diikuti, lugas, dan nggak ada kalimat yang bikin capek. Nggak ada yang perlu dikomentarin pokoknya dari segi kepenulisan, terlebih novel ini adalah buku kesekian dari kak Christina yang telah masuk dapur penerbit.

Meski premisnya terlihat sederhana, tapi eksekusinya sama sekali tidak sederhana. Problematika tokoh-tokohnya dijabarkan dengan apik karena tidak hanya persoalan cinta-cintaan, tapi juga turut dibumbui persahabatan dan hubungan kekeluargaan.

Alurnya merupakan alur campuran, di mana banyak diselipkan kisah masa lalu Anya supaya pembaca dapat lebih memahami permasalahan utama dalam kisah The Falling Star. Untuk sudut pandang, novel ini dituliskan melalui sudut pandang orang ketiga serba tahu, jadinya kita sebagai pembaca bisa dengan mudah mengetahui jalan pikiran tokoh-tokohnya.

Hanya saja, entah kenapa aku kurang bisa klik dengan tokoh-tokoh dalam novel ini. Yang kufavoritkan justru tokoh-tokoh pendamping, Allen dan Alexi, dibanding Anya, Will, maupun Lou. Bagiku ketiga tokoh ini sangat egois dengan caranya masing-masing, juga ada beberapa hal yang menurutku terlalu dramatis, seperti keganasan fans/mantan Will, kendati hal itu sangat bisa terjadi di kehidupan nyata.

Pokoknya, The Falling Star menjadi novel pembuka yang cukup bagus, dan aku jadi ingin mencicip karya-karya penulis yang lain. Untuk kalian yang menyukai novel YA dan segala kerumitan tokohnya tapi nggak murahan, The Falling Star bisa jadi pilihan yang cocok.

Type Your Coment Here^^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s